Foto ; Kepala ORI Perwakilan Bali didampingi tiga Kepala Daerah usai menyerahkan hasil survey kepatuhan

 

Denpasar-Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali telah melakukan survey terhadap Kepala Daerah di Bali. Kali ini ada tiga Kepala Daerah diserahkan hasil survey-nya yakni Kabupaten Badung, Tabanan, dan Klungkung.

 

Kepala ORI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab menjelaskan, bahwa survey dilakukan diseluruh kabupaten/kota di Bali. Hanya saja, yang memasuki kriteria dalam bidang pelayanan publik cuma tiga kabupaten tersebut. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penilaian terhadap pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Adapun penilaian pelayanan publik meliputi berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, sampai perizinan.

 

“Dinilai dari sektor pendidikannya, kita lihat registrasinya bagaimana, hingga penerimaan siswa sampai urus ijazah. Begitu juga di bidang kesehatan, justru di bidang kesehatan dapat menunjukkan kinerjanya untuk lebih baik di masa Covid-19 ini. Sebenarnya tidak ada pengaruh pelayanan dengan adanya Covid-19, seharusnya semakin baik sebab ada tantangan tinggi,” katanya, Selasa (11/01).

 

Untuk daerah yang diserahkan hasil survey kepatuhan 2021 terdiri dari Kabupaten Klungkung yang dihadiri langsung oleh Bupati Klungkung langsung, I Nyoman Suwirta.  Kabupaten Badung diwakili oleh Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa, dan Kabupaten Tabanan dihadiri langsung oleh Bupati I Komang Gede Sanjaya.

 

Salah satu Kepala Daerah yakni Komang Gede Sanjaya menyatakan jika pelayanan publik merupakan amanat yang ada dalam Undang-undang (UU). Hasil dari survey yang dilakukan oleh ORI Perwakilan Bali nantinya akan dijadikan acuan dalam meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Tabanan.

 

“Ketika pelayanan yang buruk, akan memberikan persepsi buruk juga terhadap kita. Maka ini salah satu langkah menuju pelayanan public yang berkualitas. Kedepan ORI Perwakilan Bali agar tetap memberikan pendampingan terhadap Kabupaten Tabanan, saya harap berlanjut,” jelasnya.

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Menurut dia, pihaknya sangat mengapresiasi hasil survey yang dilakukan oleh ORI Perwakilan Bali. Hasil survey bukan semata-mata hanya penilaian saja. Melainkan sebagai bentuk dan upaya untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Klungkung.

 

“Penghargaan ini bukan kami rencanakan untuk mendapatkan nilai berapa-berapa. Tetapi ini pelayanan public kepada masyarakat dengan bekerja tim. Kemudian orang-orang yang ditempatkan di pelayanan public terus kami evaluasi,” tambahnya.

 

Selama ini, memang masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam memberikan pelayanan publik. Misalnya saja terkait Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karenanya, ia meminta bimbingan dan arahan dari semua pihak, utamanya ORI Perwakilan Bali. “Tidak semua memiliki kompetensi, dan tidak semua orang yang ada di OPD berniat baik. Harus berani mengambil langkah tegas, kami di Klungkung tidak segan-segan memberikan SP kepada pegawai, sampai juga kepala dinasnya. Sebab ini tidak boleh dianggap remeh,” tegasnya.

 

Terakhir, dari Kabupaten Badung yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Badung Adi Arnawa menerangkan, Badung terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat. “Terpenting bagaimana implementasinya, kami sudah mendorong semua komponen supaya pelayanan di Badung berbasis teknologi,” pungkasnya. Ry

SHARE THIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.